Potensi Bisnis Pariwisata di Kampung Lawas Maspati

kampung lawas maspati
Foto : Suasana Kampung Lawas Maspati

LoveusahaKampung lawas Maspati Surabaya dijadikan sebagai salah satu kampung wisata, yang menyajikan sejarah Surabaya di zaman kolonial. Diresmikan pada tanggal 24 Januari 2016. Lokasinya di Jl Maspati V, Bubutan Kota Surabaya.

Kampung ini tampak terawat dan bersih. Di setiap rumah warga terdapat tanaman toga, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, juga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tembok dan jalan masuk di gang kampung ini unik, terdapat lukisan murel 3D dengan berbagai tema, membuat kita betah lama-lama disini untuk berselfie.

Yang paling menarik di kampung Maspati adalah terdapat bangunan-bangunan bersejarah, yang hingga kini masih dirawat dengan baik oleh warga sekitar.

Antara lain, ada sebuah rumah yang dulunya ditempati oleh Raden Sumomiharjo, keturunan keraton Solo yang jadi mantri di kampung ini.

Ada pula sebuah gedung sekolah ongko loro, bekas Sekolah Rakyat dan markas tentara yang dibangun 1907. Selain itu, terdapat makam pasutri R Karyo Sentono dan mbah buyut Suruh, yang tidak lain adalah kakek nenek dari Joko Berek atau Sawunggaling, pahlawan besar Surabaya. Pada saat perang 10 November, kampung Maspati ini dijadikan sebagai dapur umum.

Selain belajar sejarah, di kampung ini kita dapat melihat aktifitas warganya, proses mendaur ulang sampah dan mengolah air limbah.

Ada juga olahan produk unggulan disini, sirup markisa dan minuman olahan daun cincau, yang cocok dijadikan untuk buah tangan.

Saat memasuki kampung Maspati, ada aturan yang harus ditaati. Saat memasuki gang kita tidak boleh menyalakan motor, motor harus dituntun agar tidak menimbulkan polusi udara dan suara. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*