Telaga Warna Dieng yang Memukau Mata

telaga warna dieng

Loveusaha Jika kalian adalah para pendaki gunung sejati, Dieng selalu akrab ditelinga. Ya, masih di daerah Dataran Tinggi Dieng yang menyimpan sejuta kekayaan alam yang indah nan megah. Menurut mitos yang ada, Telaga Warna Dieng merupakan tempat mandi para Dewi.

Ditempat ini terdapat sebuah telaga yang cantik, dan unik. Uniknya adalah di waktu tertentu telaga ini dapat berubah-ubah warnanya, terkadang biru, hijau, kuning bahkan warna pelangi. Oleh karena itu, warga sekitar menyebutnya Telaga Warna.

Telaga Warna ini berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan dan pepohonan yang hijau. Jika kalian ingin menikmati cantiknya Telaga Warna Dieng ini,

Pagi dan siang hari adalah waktu yang tepat untuk menikmatinya. Karena apabila kalian datang sore hari, Kalian hanya akan melihat kumpulan kabut yang menutupi lembah.

Telaga Warna Dieng bertempat di Desa Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika kalian memasuki kawasan Dieng dan bertemu dengan pertigaan Desa Dieng Kulon dan Dieng Wetan, kalian bisa memlih jalur kanan kearah Desa Dieng Wetan. Tak jauh dari Desa Dieng Wetan jarak sekitar 800 meter, disanalah Telaga Warna Dieng berada.

Konon menurut mitos warga sekitar, dulu ada seorang bangsawan yang cincinnya jatuh ke telaga ini. Sehingga telaga ini dapat berubah-ubah warnanya sedemikian cantiknya.

Namun menurut para peneliti, fenomena seperti ini berasal ketika cahaya memantul dengan endapan belerang yang terdapat di dasar telaga yang pada akhirnya menghasilkan warna-warni yang cantik.

Di Telaga Warna Dieng kalian tidak hanya dapat menikmati cantiknya warna-warni telaga. Tetapi kalian juga dapat menikmati spot-spot keren lainnya seperti Telaga Pengilon yang memiliki air sangat jernih,

Batu Ratapan angin dimana kalian bisa melihat telaga dari kejauhan, Gua Semar, Gua Sumur, Gua Jaran, dan Gua Pengantin.

Nah, ada satu spot lagi dimana kalian dapat menambah pengetahuan kalian, yaitu Dieng Pleteau Theatre. Disini kalian akan diberikan penjelasan tentang bagaimana Telaga Warna dapat terbentuk dan mengapa air yang ada dalam telaga bisa berubah-ubah warnanya melalui film.

Spot ini sengaja dibuat agar pengunjung dapat mengetahui sejarah terbentuknya Telaga Warna Dieng. Sekilas memang seperti bioskop biasa, namun bedanya film yang diputar di teater ini adalah film ilmiah, sejarah tentang Telaga Warna Dieng.

Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi, Telaga Warna Dieng bisa menjadi salah satu list tempat yang wajib dikunjungi. Kalian bisa mengajak sahabat, keluarga, atau pasangan kalian untuk berkunjung ke tempat ini dan berfoto bersama dan menikmati keindahan Alam ciptaan Tuhan yang Maha Esa ini. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*