Wisata Bersejarah Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan

tugu pahlawan
Foto : Tugu Pahlawan di malam hari

LoveusahaSurabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kota ini melahirkan sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dijadikan sebagai monumen bersejarah.

Surabaya memiliki sosok yang berjasa dalam perjuangan serta pertempuran yang terjadi saat itu yaitu Doel Arnowo yang kemudian beliau menjadi walikota Surabaya yang pertama. Ia yang memprakarsai berdirinya Tugu Pahlawan. Arsitek nya adalah Ir. R. Soeratmoko. Berdirinya Tugu ini tidak serta merta begitu saja namun saat itu sempat pertentangan dari beberapa pihak yang lebih menginginkan untuk mendirikan perumahan dari pada simbol kota.

Tugu pahlawan ini berada ditengah tengah kota Surabaya yang pada saat itu merupakan lokasi pertempuran. Saat ini bernama Jalan Pahlawan, Bubutan, Kota Surabaya.

Desain Tugu Pahlawan begitu istimewa. Tugu ini berbentuk Lingga seperti paku yang terbalik memiliki sudut lancip ke atas. Rancangan yang dibuat pun juga unik karena memiliki makna 10 November 1945. Hal ini dapat dilihat dari tubuh dari Tugu yang memiliki lengkungan berjumlah 10 buah.

Lengkungan yang ada memiliki 11 ruas. Tinggi dari Tugu ini yaitu 41,14 meter atau sama dengan 45 Yard. Diameter dari Tugu ini yaitu 3,1 yang semakin ke atas maka semakin mengecil. Pengerjaan dari Tugu ini bahkan sempat harus dilakukan selama 40 jam nonstop.

Selain sebagai simbol perjuangan, Tugu Pahlawan Surabaya juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi siapapun yang ingin berkunjung. Untuk masuk ke dalam area bersejarah ini masyarakat bisa membeli karcis dengan harga Rp5.000 per orang. Setiap hari tempat ini selalu dibuka untuk umum mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 wib.

Menikmati setiap sudut kota memang menjadi keinginan, tetapi mendatangi tempat bersejarah harus dijadikan sebagai pilihan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*