Wisata Edukasi Candi Singosari

Loveusaha – Candi Singhasari atau nama yang paling biasa digunakan adalah Candi Singosari, merupakan candi Hindu – Buddha yang menjadi peninggalan bersejarah Kerajaan Singhasari. Candi Singosari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang jaraknya sekitar 12 km, lokasinya tidak jauh dari pasar Singosari dan hanya sekitar 500 meter dari jalan raya Malang-Surabaya.

Jadi untuk menuju Candi Singosari sangat mudah. Candi Singosari dibangun pada awal abad ke-14, bertepatan dengan upacara Sraddha yaitu untuk memperingati 12 tahun setelah wafatnya Kertanegara, yakni raja Singosari terakhir yang wafat pada tahun 1292M. Memerintah Kerajaan Singosari dari tahun 1268-1292 M.

Pada dinding candi tidak banyak terdapat ukiran relief, tetapi ada ukiran relief terlihat  menonjol yaitu pahatan kepala kala yang berada diatas pintu masuk dan di keempat sisi candi. Bentuknya menyeramkan dengan mulutnya yang  bertaring menganga dan mata besarnya melotot tajam, seolah mengawasi setiap orang yang datang dan siap menjaga bangunan candi.

Secara keseluruhan Candi Singosari sebenarnya sebuah komplek Candi, ada beberapa bagian diantaranya arca-arca yang posisinya ada di luar. Seperti Arca Dwarapala yang cukup besar, letaknya cukup jauh dari candi utama, bahkan sekarang lokasi di pisahkan jalan raya, posisinya ada di sebelah barat bangunan utama candi Singosari. Untuk mengenal sejarah bangsa Indonesia pada masa nenek moyang, sepertinya wisata candi ini cocok bagi anda dan keluarga. Selamat berwisata.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*